Search
  • Vulcan Teknologi

SISTEM PENGAMBILAN BARANG DALAM MANAJEMEN GUDANG

Dalam sistem manajemen gudang, pengambilan barang dalam gudang diperlukan suatu fitur untuk mencegah pengambilan yang salah oleh picker. Jika menggunakan sistem FIFO atau First In First Out, maka barang yang diambil di sistem adalah barang yang masuk ke dalam sistem terlebih dahulu. Sebagai contoh : SKU A masuk dua kali dimana dengan jumlah 10 buah dan 20 buah. Maka jika SKU A tersebut harus keluar dari sistem gudang, maka akan mengambil 10 buah terlebih dahulu dibandingkan dengan 20 buah.


Akan tetapi, bagaimana caranya untuk memastikan barang yang diambil adalah SKU A yang masuk dalam jumlah 10 buah dan bukan yang 20 buah? Untuk memastikan hal ini, dibutuhkan QR code unique yang harus ditempel di setiap barang. QR code tersebut akan berbeda satu sama lain di setiap SKU A. Sebagai contoh : SKU A-01, SKU A-02, SKU A-03 dan seterusnya.



Gambar 1. Sistem Pick List


Dalam sistem manajemen gudang, pengambilan barang dapat menggunakan QR code scanner dengan HP atau PDA Scanner Android. Dengan menggunakan fitur ini, maka picker akan lebih cepat mengambil barang yang betul di lokasi yang betul. Dalam sistem manjemen gudang, akan tersedia list dari setiap barang yang harus diambil di lokasi yang sudah tertera. Hal ini akan mengurangi kesalahan dalam pengambilan barang.



Gambar 2. Scan Barang untuk Pick List


#Picklist #sistemmanajemengudang #inventory

11 views0 comments

Recent Posts

See All