IoT (Internet of Things)

Internet of Things (IoT) merupakan suatu sistem yang menghubungkan perangkat lunak dan juga perangkat keras. Dengan menggunakan sistem IoT, perusahaan bisa memanfaatkan sensor atau perangkat keras lainnya untuk memantau kondisi dan performa dari suatu mesin. IoT yang sering diaplikasikan di bisnis Indonesia adalah energy management dan smart living

PRIEDS telah mengaplikasikan manajemen energi dan ruang rapat pintar di beberapa pelanggan. Salah satu contoh aplikasinya adalah di perusahaan MRT indonesia. Pembuatan ruang rapat pintar dengan mengkombinasikan perangkat keras dan juga perangkat lunak dari PRIEDS, kita memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan ruangan. Selain pemesanan ruangan, pelanggan juga bisa mematikan lampu dan AC di ruangan rapat yang telah selesai digunakan. Hal ini untuk membantu mengurangi konsumsi listrik untuk beberapa ruangan yang lupa dimatikan. 

Di Industri pabrik, IoT sering digunakan dengan mengkombinasikan sensor dan juga perangkat lunak yang dikembangkan. Salah satu contohnya adalah pengambilan data dari kwh meter untuk mengetahui konsumsi listrik dari suatu pabrik. Beberapa implementasi lainnya adalah untuk memantau suhu yang diambil dari sensor suhu yang telah ditempatkan di setiap oven dalam produksi pabrik. Data temperature dari sensor suhu tersebut, bisa diambil dengan menggunakan suatu perangkat keras, dan dimunculkan di dashboard komputer.